Menyederhanakan Langkah Teknik SEO Untuk Pemula

,

Penerapan Langkah Jitu Teknik SEO Untuk Pemula


SEO masih menjadi pilihan utama bagi pemilik website untuk mendatangkan pengunjung ke websitenya  secara gratis. Banyak faktor yang menjadi kunci keberhasilan dalam menerapkan SEO pada suatu halaman website. Salah satu faktor yang sangat menentukan adalah kedisiplinan dan ketekunan anda.

Karena untuk menikmati hasil dari pekerjaan SEO ini perlu menunggu waktu, jadi anda juga harus menjaga kesabaran untuk tetap konsisten menjalankan setiap tindakan SEO pada website anda.

Oke, langsung saja pada inti pembahasan, yaitu langkah-langkah teknik SEO untuk pemula pada halaman website!


Research keywords atau kata kunci


Awal mula dari setiap pekerjaan SEO adalah keyword atau kata kunci. Fokuslah pada tema website anda, kemudian ambillah kata kunci yang berkaitan dengan tema website tersebut. Dan gunakan tool berikut ini untuk melakukan research keyword.

https://adwords.google.com/o/Targeting/Explorer?__u=1000000000&__c=1000000000&ideaRequestType=KEYWORD_IDEAS#search.none

Contohnya tema website anda tentang musik, maka anda bisa menggunakan tool diatas dengan mengetikkan kata “cara bermain gitar” tanpa petik.

Pilih kata kunci yang masih saling berkaitan dengan kata kunci yang anda ketikkan tadi. Kata lunci yang seharusnya anda pilih adalah kata kunci yang minimal mempunyai hasil pencarian diatas 100.

Selanjutnya download hasil research tersebut dalam format “CSV for excel”.

Memilih kompetisi keywords atau kata kunci

Buka hasil research yang telah anda kerjakan sebelumnya dengan MS Excel. Kemudian lakukan langkah berikut ini :

- Cara Manual

Buka website google.com. Dan pilih salah satu kata kunci hasil research, lalu ketik beberapa format berikut ini :

  1. "kata kunci"

  2. intitle:"kata kunci"

  3. inurl:"kata kunci"

  4. inulr:"kata kunci intitle:"kata kunci"

Untuk format 1, hasil pencarian google harus dibawah 1juta. Untuk format 2, harus dibawah 100 rb. Untuk format 3, harus dibawah 25 rb. Untuk format 4, harus dibawah 10 rb.

Jangan mengambil kata kunci dengan hasil melebihi ketentuan diatas. Karena anda akan sulit bersaing menempati halaman utama google.

Lakukan langkah tersebut satu persatu dari kata kunci hasil research sebelumnya. Dan simpan kata kunci yang memenuhi kriteria diatas untuk anda gunakan sebagai keyword pilihan dalam membuat artikel di website anda.

- Menggunakan Software

Cara cepat untuk memilih keyword yang tepat adalah dengan menggunakan software. Anda tidak perlu bolak-balik membuka google.com untuk menganalisa setiap kata kunci satu persatu.

Berikut ini software yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam melakukan research kata kunci :

Dengan menggunakan tool diatas anda bisa memilih kata kunci dengan cepat dan tentunya lebih akurat. Meskipun kedua tool ini berbayar, tetapi sangat sesuai dengan hasil yang diberikan. Serta akan sangat menghemat banyak waktu anda dalam penerapan teknik seo untuk pemula.

Untuk cara penggunaannya sudah dijelaskan pada masing-masing websitenya.

Membuat artikel berdasarkan kata kunci

Setelah anda mengumpulkan beberapa kata kunci pilihan, langkah selanjutnya adalah membuat artikel dan memasukkan kata kunci tersebut pada bagian-bagian artikel seperti berikut :

Judul artikel.

Pada artikel pertama. Idealnya kata kunci terletak pada kalimat pertama di paragraph pertama.

  • Teks Header ( H1, H2, dan H3 ).

  • Pada setiap paragrap

  • Kalimat terakhir artikel

  • Terdapat pada “meta title”

  • Terdapat pada “meta description”

Usahakan artikel anda memiliki kerapatan kata kunci hingga 1 % dan jangan lebih dari 3 % dari jumlah kata dalam artikel anda.

Beberapa kata kunci dapat anda beri format “bold”. Italic dan underline.

Dengan mengikuti trik diatas, artikel website anda sudah cukup optimal untuk dapat menduduki peringkat utama pada halaman google.

Mencari Backlink

Dalam mencari backlink anda tidak boleh melakukannya dengan membabi buta. Tetapi harus bertahap dan secara konsisten. Google sangat menyukai website yang terlihat alami dalam mendapatkan backlink. Sebaliknya, google tidak akan segan – segan mendepak website anda dari hasil pencarian jika dicurigai melakukan kecurangan.

Nah, berikut ini beberapa jenis situs yang baik untuk mendapatkan backlink :

  1. Blog orang lain dengan cara berkomentar dan meninggalkan link.

  2. Situs yang menggunakan domain .edu dan .gov.

  3. Direktori artikel, dengan mengirimkan artikel dan meletakkan link pada artikel tersebut.

  4. Situs – situs forum

  5. Situs – situs wiki

  6. Mendaftarkan website anda pada direktori situs.

  7. Memanfaatkan situs sosial media untuk memperoleh backlink.

Carilah 5 – 10 backlink setiap hari secara bertahap. Dengan demikian website anda akan aman dari ancaman hukuman situs pencari terbesar di dunia ( Google ).

Analisa Penerapan SEO

Tujuan utama menerapkan SEO adalah untuk mendapatkan trafik atau pengunjung tertarget secara gratis dan terus menerus ke website anda. Jadi anda perlu memantau hasil kerja SEO anda, untuk mengetahui hasil dari efek SEO yang anda terapkan pada website anda.

Anda dapat memanfaatkan tool gratis berikut untuk memantau trafik website anda setiap hari :

  • google.com/analytics/ : Untuk memantau kunjungan website

  • seoserp.com/ : Memantau peringakat website pada google berdasarkan kata kunci

  • counterize II : Plugin wordpress untuk memantau trafik

Penerapan SEO ini akan lebih optimal lagi jika website anda menggunakan domain dengan kata kunci utama yang anda targetkan. Sebelum membangun sebuah situs sebaikknya anda pertimbangkan untuk menggunakan nama domain yang mengandung kata kunci, untuk mempermudah pekerjaan SEO anda.

Bagi anda yang masih bingung bagaimana memulai penerapan SEO, bisa mengikuti dan menerapkan langkah teknik SEO untuk pemula diatas!.
Sekolah Forex Indonesia