Tip Aman Cara Pindah Hosting Wordpress Manual!

,

Tip Mudah & Aman Cara Pindah Hosting Wordpress Manual!


Hosting atau server hosting merupakan alat yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia internet. Hosting adalah alat vital bagi semua pemilik website diseluruh dunia. Disitulah semua file-file sebuah website disimpan hingga dapat ditampilkan pada layar monitor anda sebagai satu kesatuan website yang utuh.

Perusahaan pelayanan hosting sudah sangat menjamur baik di dunia ataupun di Negara kita. Sayangnya tidak semua perusahaan penyedia layanan hosting ini menyediakan layanan terbaik mereka untuk menopang kebutuhan website yang kita bangun.


Tentu setiap individu mempunyai kebutuhan hosting yang berbeda-beda menyesuaikan kebutuhan websitenya. Hosting  yang menurut saya cocok untuk saya, belum tentu sesuai dengan kebutuhan anda, dan begitu sebaliknya.

Tetapi minimal hosting yang anda pilih harus memilki syarat-syarat berikut ini :

  • Server handal dan tidak sering down.

  • Layanan technical support 24 jam dan cepat menanggapi keluhan anda.

  • Bandwidth yang cukup untuk kebutuhan website anda. Ingat, semakin banyak pengunjung website akan semakin banyak pula bandwidth yang dibutuhkan.

  • Harga sewa sesuai dengan kualitas layanan. Harga yang mahal tidak jaminan kualitasnya bagus.

Nah, jika layanan hosting anda tidak memenuhi syarat-syarat di atas, anda bisa mempertimbangkan untuk memilih hosting baru.

Banyak pemilik website yang enggan pindah hosting dikarenakan takut akan mengganggu kelangsungan websitenya. Jangan kuatir, jika anda menerapkan cara pindah hosting wordpress manual dengan benar, ini tidak akan berpengaruh pada website anda.

Ikuti langkah – langkah cara pindah hosting wordpress manual untuk website anda berikut ini. Tetapi sebelumnya, anda harus sudah mempersiapkan layanan hosting yang baru anda.

Berikut Cara Pindah Hosting Wordpress Manual :



  1. Login ke cpanel hosting lama anda, dan backup database website anda melalui php admin.

  2. Download file wordpress “wp-content” melalui filezilla atau file manager cpanel hosting.

  3. Buka menu manage domain anda dan rubah name servernya ke hosting baru.

  4. Buat my sql database di cpanel hosting baru anda.

  5. Memasukkan addon domain situs yang akan dipindahkan di hosting yang baru.

  6. Install blog wordpress melalui fantastico atau dengan cara manual lewat ftp software atau file manager di cpanel hosting.

  7. Jangan lupa mengedit file wp-config-simple.php dengan menyesuaikan my sql databse yang telah anda buat dihosting baru. Kemudian upload kembali setelah me-renamefile tersebut  menjadi wp-config.php

  8. Kemudian masuk ke php admin melalui cpanel hosting baru anda dan Import data base yang sebelumnya telah anda simpan di hardisk komputer.

  9. Upload folder wp-content melalui ftp software atau dari cpanel hosting.

  10. Periksa hasil kerja anda, seharusnya situs anda sudah berjalan normal seperti semula.

  11. Jika masih menemukan error atau masih ada image yang tidak tampil atau link yang tidak bekerja. Coba cek file-file wordpress lama,kemungkinan ada file-file tambahan yang belum anda upload.

Langkah - langkah di atas juga bisa anda terapkan untuk website yang menggunakan CMS selain wordpress.

Selamat mencoba tip aman cara pindah hosting wordpress manual :).
Sekolah Forex Indonesia