Cara Update Wordpress Ke Versi Yang Terbaru!

,

Tips Aman Cara Update Wordpress Ke Versi Terbaru!


Jika website wordpress anda sudah memberi tahukan peringatan update ke versi yang terbaru, maka saatnya anda untuk segera migrasi ke versi tersebut. Ini akan membuat keaman website anda terjaga dengan baik.

Peringatan update ini akan muncul dibagian dashboard wodspress anda. Berikut contoh peringatan update pada wordpress :



Ada 2 tips yang bisa anda tempuh untuk melakukan cara update wordpress ke versi terbaru. Cara pertama adalah dengan mengaktifkan update otomatis, dengan memilih menu berikut ini :



Anda harus  memiliki koneksi internet yang cepat dan setabil jika memilih opsi update otomatis. Karena bisa jadi proses update wordpress akan gagal ditengah jalan apabila kenoksi internet anda tidak bagus.

Langkah terpenting sebelum melakukan update wordpress adalah membackup database wesbsite anda. Ini bisa anda lakukan dengan login ke cpanel webhosting situs anda. Kemudian pilih menu “Phpadmin”.

Jika sudah masuk pada halaman Phpadmin, selanjutnya pilih nama database website anda, seperti contoh berikut :




Lalu klik menu “export”.



Pilih format sql dan klik go. Dalam beberapa saat database website anda akan terdownload pada komputer yang anda gunakan.

Backup database ini akan berguna jika anda gagal mengupdate wordpress dan wordpress anda mengalami error. Maka anda bisa mengembalikan databasenya seperti semula dengan memilih menu “import” yang tersedia papa “Phpadmin”.

Sedangakan cara update wordpress yang kedua adalah dengan menggunakan cara manual. Yaitu dengan mendownload wordpress versi yang terbaru di wordpress.org.

Kemudian buka software ftp yang anda gunakan dan koneksikan. Upload semua foder dan file wordpress ke direktori website anda. Kecuali, folder dengan nama “wp-conten” dan file yang bernama “wp-simple-config.php”. Pilih opsi overwrite saat mengupload folder dan file wodpress versi yang terbaru.

Jika proses upload selesai, silahkan buka dashboard wodpress anda dengan login seperti biasa.  Akan ada halaman pemberitahuan untuk mengupdate database wordpress anda. Setujui untuk melanjutkan proses update.



Kemudian klik “continue” untuk melanjutkan masuk ke dashboard wordpress.

Nah sekarang wodpress anda telah menggunkan versi terbarunya. Login ke wordpress anda untuk mengecek bahwa situs anda berjalan normal.

Saatnya mencoba tip aman cara update wordpress ke versi terbaru :)!
Sekolah Forex Indonesia